Kenapa harus ada pertemuan kalau ada perpisahan? Kenapa? Kenapa? – Pepatah.

(4.bp.blogspot.com)

Mungkin pepatah diatas berat bahasanya. Mungkin berat juga yang sekarang sedang gue rasain. Bukan berat karena lagi memikul beban kehidupan atau berat karena lagi ngangkat jemuran. Tapi, berat karena untuk berpisah sebentar lagi dengan teman-teman. Iya, sebentar lagi ujian nasional. Setelah ujian nasional adalah bebas, pengumuman kelulusan dan perpisahan.

8 Mei 2014

(indosinema.com)

Film Marmut Merah Jambu rilis sebentar lagi. Ujian nasional juga kurang beberapa hari lagi. Itu berarti kebebasan, pengumuman kelulusan dan perpisahan juga sebentar lagi. Waktu memang berjalan cepat. Ibarat waktu bukan lagi lari-lari kecil (jogging) tapi sekarang udah lari sprint.

Ujian nasional adalah tahap pertama menjelang perpisahan. Tahap ini biasanya diawali dengan gejala susah tidur, susah ngatur waktu, susah ngerjain try out, susah bohongin pengawas dan susah move on dari mantan. Dari fisik terlihat kurus, kulit gersang, mata merah dan tangan banyak tulisan contekan. Ujian nasional adalah tahap paling mengerikan menjelang perpisahan. Biasanya semua temen jadi sering nraktir di kantin, karena ada maunya waktu ujian. Terus gebetan kalau di sms balesnya lama, giliran bales smsnya gini “JANGAN SMS AKU DULU, AKU MAU FOKUS UN” gitu. Bilang aja nggak punya pulsa, pakai bilang mau fokus un segala. Ini bukan curhat!

Tahap selanjutnya. Bebas, kebebasan semua pasti seneng, tak terkecuali gue. Yang dimaksud bebas disini bukan bebas dari penjara. Bebas disini adalah bebas tanpa pelajaran setelah ujian. Waktu bebas terserah mau ngapain. Mau nembak gebetan boleh. Mau mutusin pacar boleh. Tapi kalau mau sms gebetan nggak boleh karena pasti gebetan bakal bales sms kayak gini “JANGAN SMS AKU DULU, AKU LAGI FOKUS NUNGGUIN PENGUMUMAN HASIL UN” nah, gebetan emang suka nulis capslock (HURUF BESAR SEMUA). Waktu bebas adalah waktu dimana gue akan dimana-mana. Waktu bebas adalah waktu zona deg-deg-an nunggu pengumuman hasil ujian nasional. Biasanya waktu bebas itu kalau nonton tv sambil nonton maling lagi maling tv. Tv kemalingan woi!

Tahap berikutnya. Pengumuman hasil ujian nasional dan kelulusan biasanya ditahap ini akan muncul kecurigaan dari temen yang lebih pinter. Biasanya temen yang lebih pinter curiga sama temennya yang bego.

Temen yang pinter : “Kok elo bisa lulus? Kan elo bego? Pasti elo nyogok? Atau jangan-jangan main dukun? Oh, dapet bocoran ya?”
Temen yang bego : “(pasang muka polos) mungkin gara-gara aku minum bintang tujuh masuk angin, jadi aku bejo

Biasanya temen yang pinter akan menyerang pertanyaan secara bertubi-tubi dengan nafas ngos-ngosan habis lari. Jadi bingung, kenapa temen yang pinter selalu curiga sama temen yang bego tapi bejo. Kan bisa jadi temen bego yang dapet hasil bagus karena suka minum bintang tujuh masuk angin, jadi dianya bejo kayak Bob Sadino. Sumpah ini bukan iklan, tapi kalau ada yang nawarin iklan gue mau.

Setelah pengumuman kelulusan. Perpisahan, waktu perpisahan adalah moment yang tepat untuk jualan tisu. Iya tisu, kan waktu perpisahan pasti banyak yang nangis dan nangis itu butuh tisu. Tapi entah, waktu perpisahan nanti bakal nangis sedih karena pisah sama temen atau bakal nangis seneng karena pisah sama temen. Tapi, jujur aja gue masih berat buat pisah nanti sama temen-temen. Walaupun kadang temen bisa ngeselin, buat marah kita tapi temen adalah orang yang selama ini udah menemani kita. Gue nggak akan pernah lupa sama kalian, terutama hutang-hutang kalian. becanda…

Selamat belajar dan berjuang untuk ini

5 – 8 Mei 2014 ! ! !

(3.bp.blogspot.com)

“Teman akan menguatkan kita” – Panji

“Tapi, teman bisa melemahkan kita kalau teman kita lemah”

  • Dede

Jangan lupa do’a-in gue ya! Semoga diberi kemudahan saat mengerjakan soal-soal UN dan semoga mendapatkan nilai UN yang terbaik dan memuaskan. Aamiin…

TTD
Imam Abil Fida
(Pelajar yang mau UN)

