Hidup cuma sekali pasti banyak yang ingin dicapai. Bicara soal mimpi, saya punya banyak sekali. Setiap kali mengingat mimpi-mimpi itu, seperti ada bunga-bunga yang tumbuh dan mekar di taman hati: semerbak mewangi.

Mimpi itu adalah ekspektasi, yang semoga dengan mengingatnya membuat hidup lebih termotivasi. Supaya bunga-bunga itu tumbuh dan mekar lagi, tidak ada salahnya jika saya mengingat, menulis, dan membagikannya di sini.

1. Kuliah
Sebentar lagi lulus, bingung mau lanjut ke mana? Kuliah atau kerja. Sudah biasa. Hidup di keluarga sederhana dengan tingkat pendidikan tertinggi SMA membuat saya termotivasi: saya harus bisa lebih, minimal sarjana. Soal mau kuliah di mana, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa masuk di negeri, urusan selanjutnya saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa. Disela-sela kuliah, saya ingin sambil kerja, supaya tidak terlalu membebankan orangtua masalah biaya.

2. Buku
Ketika melakukan sesuatu capek dan waktu tidak terasa, itu hobi. Saat membaca saya merasakan itu. Suka baca, biasanya suka nulis. Suka nulis, biasanya ingin punya buku sendiri. Dan itu salah satu impian saya, minimal kumpulan cerpen atau syukur-syukur bisa novel. Penulis mungkin perkerjaan sambilan yang baik untuk kuliah. Semoga saja.

3. Album
Begini-begini saya juga punya band. Beberapa kali sempat meramaikan Festival Band lokal dan kalah. Mimpi wajib yang harus jadi nyata semua anak band? Punya album. Kalo masalah musik, saya suka yang idealis, walaupun seringnya bawain lagu pop romantis yang rawan nangis. Seperti kata band favorit saya, Efek Rumah Kaca: kami akan mencipta apa yang kami cinta. Begitu juga saya, akan mencipta apa yang kami cinta.

4. Perpustakaan
Punya perpustakaan pribadi di kamar, tidak harus lengkap-lengkap banget, minimal apa yang lagi ingin dibaca ada, sudah bersyukur banget. Tambah bersyukur kalau perpustakaan itu bisa berkembang, tambah besar, lengkap koleksinya, dan bisa diakses umum.

5. Film
Jadi sutradara adalah satu dari sekian banyak mimpi masa kecil saya. Pokoknya harus terwujud mimpi yang satu ini, minimal film pendek, atau kalau tidak ya film dokumenter, syukur-syukur bisa film layar lebar.

Itu salah lima mimpi besar saya. Masih banyak mimpi-mimpi kecil lainnya. Mungkin bukan tentang seberapa banyak mimpi saya, tapi tentang seberapa besar usaha saya untuk mewujudkannya. Tugas saya selanjutnya adalah mewujudkan, semoga tidak hanya jadi khayalan. Semangat!

Ini mimpi saya, apa mimpi kamu?

Iklan